February 22, 2020

8 Langkah Cara Setting Simple SEO Blogspot Dari Dashboard Blogger, Siapin Kopi Sob!

Bahas SEO alias Search Engine Optimized mah gak bakalan ada habisnya mungkin sob.. Buat Widgets9 yang masih pemula, yang ada malah pusing mikirin ma Setting SEO untuk Blog ini :) Cari di internet Cara Mudah Setting SEO Blogspot, akhirnya mampir ke Blog Mas Sugeng blogger senior indonesia, setelah itu jadi ya setting aja langsung dari dashboard blogger setelah baca artikel beliau. Sebenarnya, sob... Tujuan akhir dari SEO kalo menurut Widgets9, adalah Traffic bin Pengunjung Blog, bisa nongol di Halaman #1 Google yah syukur-syukur di Numero Uno. Dari sini, peluang buat blogger yang Monetasi Blog untuk mendapatkan uang jadi semakin besar sob. Siapa sih yang gak kepengen Blog nya jadi Numero Siji, Traffic berlimpah akhirnya duit mengalir? Lha wong Widgets9 yang pemula aja kepengen walaupun.... Ngimpiiiiiiii.... :) Njeh pun, buat kamu yang mau menerapkan tehnik ini, simak caranya berikut ini sob. Jangan Lupa, Siapin kopi dan kawan-kawan... xixixi...

#1. RSS Feed.

Blogger menyediakan Fitur RSS Feed yang bertujuan agar memudahkan pembaca untuk berlangganan artikel atau postingan kita sob. Fitur ini bisa berdampak bagus tapi juga bisa berdampak buruk bagi SEO Blog kita sob. What! Kunaon bisa Kitu? Sruuputtttt... Ya secara gitu sob, jaman now ada aja Blogger Sumbu Pendek Gampang Meledak yang nyolong Konten Blog kita karena males bikin konten sorangan. lah kan kita yang rugi sob :( Nah supaya kita bisa meminimalisir soal ini, sok lah bisa urang maksimalkan Pengaturan RSS Feed yang ada di Blogger kita. Caranya? Login ke Blogger Lalu cek nomer mantan... Ehhh Dashboard > Setelan > Lainnya. Fokus pada bagian Feed Situs, bukan umpan ikan... :) Nah dibagian Izinkan Feed Blog, ubah aja ke pilihan Singkat. Jangan lupa Simpan Setelan sob.
Cara Setting SEO RSS Feed Blogspot
Langkah #1. Setting SEO Blogspot RSS Feed

#2. Tag Meta Deskripsi.

Tag Meta Deskripsi adalah salah satu Fitur Blogger, dengan ini kita bisa memasukan Meta Deskripsi Blog tanpa harus memasukannya secara manual melalui Edit HTML Template. Urusan Edit HTML Template, Widgets9 rada males sob, karena ga bisa... :) Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi Penelusuran. Pada bagian Tag meta dan klik “Edit“. Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelususran?” pilih Ya. Masukan deskripsi blog sobat. Terakhir kade ulah poho, Simpan Perubahan.
Cara Setting Meta Tag Deskripsi Blogspot Agar SEO Friendly
Langkah #2. Cara Setting Meta Tag Deskripsi Blogspot Agar SEO Friendly

#3. Tag Meta Deskripsi Postingan.

Untuk menggunakan fitur Tag Meta Deskripsi Postingan, sob... bentar ngopi dulu lah... (10 Jam kemudian...) Lanjut.. Kamu harus mengaktifkan dulu Tag Meta Deskripsi seperti yang sudah dijelaskan diatas. iya, diatas tadi, bukan diatas awan sob... :) Nah, kalo sudah mengaktifkan Tag Meta Deskripsi, maka setiap kali kamu menulis surat cinta buat mantan... duh mantan lagiii.. Setiap kali menulis postingan blog, dibagian kanan editor postingan akan ada menu untuk memasukan Deskripsi Penelusuran.
Simple SEO Blogspot Agar SEO Friendly Dengan Cara Setting Tag Meta Deskripsi Postingan
Langkah #3. Cara Setting Tag Meta Deskripsi Postingan

#4. Tag Meta Robot.

Ingat sob, bukan robot Transformer atau Ironman. Tag Meta Robot digunakan untuk memberikan instruksi kepada Robot Mesin Pencari mengenai halaman mana saja yang boleh Diindex dan yang mana yang tidak boleh, serta digunakan untuk mengatasi duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian. Buat kamu yang mau mengaktifkan fitur ini, masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran > Aktifkan tag header robot khusus. Kamu bisa sesuaikan seperti gambar dibawah ini sob dan lagi.. lagi.. jangan lupa ngopi dan Simpan Perubahan.
Cara Setting SEO Tag Meta Robot Blogspot
Langkah #4. Cara Setting SEO Tag Meta Robot Blogspot

#5. Menambahkan "Alt" dan "Title" Gambar.

Jika kamu membuat postingan artikel yang disertai gambar, maka tambahkan atribut "Alt" dan "Title" pada gambar tersebut. Caranya, kamu klik saja pada gambarnya > Properties > lalu masukan deskripsi "Title" dan "Alt". Usahakan berbeda ya sob.
Cara Menambahkan Deskripsi Title dan Alt Images Agar SEO Friendly
Langkah #5. Menambahkan Deskripsi Title dan Alt Images Agar SEO Friendly

#6. Setting Pengalihan Khusus.

Kriting nih tangan sob.. Bentaran sob, bikin kopi dulu lah, cangkeul euy... (13 Jam kemudian...) Wuuuuzzzzahh.. Oke sob, Pengalihan Khusus ini fungsinya untuk mengarahkan link yang menuju blog atau postingan kita, namun link/postingan tersebut ora ono, misalkan sudah dihapus dari ingatan.. xixixi... Nah supaya tidak Error 404, maka alihkan saja ke link/postingan lain saja. Aktifkan saja melalui Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Pada bagian Kesalahan dan pengalihan klik “Edit” pada Pengalihan khusus. Lalu sobat isi link yang error (Dari) dan link yang benar, centang pada bagian "Permanen" lalu klik "Simpan" dan terakhir "Simpan Perubahan".
Cara Setting Pengalihan Pada Postingan Blogspot Yang Error
Langkah #6. Cara Setting Pengalihan Pada Postingan Blogspot Yang Error

#7. Tautan Permanen Postingan atau Artikel.

Tautan Permanen atau fitur Custom Permalink berguna bagi kamu sob yang mungkin pengen nembak gebetan baru... xixixi.. Maksudnya nembak Kata Kunci Panjang atau bahasa blogger jaman now Long Tail Keyword. Permalink di blogger secara default hanya dibatasi kalo gak salah sih cuma sampai 6 Kata, contoh : "https://widgets9.blogspot.com/2020/02/7-langkah-mudah-cara-membuat-memasang.html" Jika sobat mau menggunakan lebih dari 6 Kata, caranya pada saat menulis postingan pada bagian kanan klik menu Link Tautan Permanen Khusus. Terus isikan Permalink sepanjang yang sobat inginkan. Tapi ya gak panjang-panjang juga kali sob... Kayak janjimu... :)
Custom Permalink Blogspot SEO Friendly
Langkah #7. Custom Permalink Blogspot SEO Friendly

#8. Gunakan Template Blogger SEO Friendly.

Terakhir sob... Gunakan Template Blogger SEO Friendly, banyak kok yang nyediain dari yang gratis sampai yang berbayar. Atau sobat bisa download template yang digunakan blog ini disini. Oke sob, kopi pun habis, akhirnya kelar juga nih.. Semoga bermanfaat. Dan kalo ada yang kurang atau bahkan keliru, jangan nimpuk pake batu sob... :) Tinggalkan jejakmu dikolom komentar sob. Akhir kata, haturnuhun :)
Posting Selanjutnya Next Post
Posting Sebelumnya Previous Post
Posting Selanjutnya Next Post
Posting Sebelumnya Previous Post
 

Delivered by FeedBurner

Kaluhur Deui..